Susi Jamin Kebijakan Tanpa Cantrang Tetap Bikin Dapur Nelayan Ngebul

susi-jamin-kebijakan-tanpa-cantrang-tetap-bikin-dapur-nelayan-ngebul_m_153215
771 views

JAKARTA,POTRETRAKYAT.COM-Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti telah lama melarang penggunaan cantrang sebagai alat tangkap ikan. Larangan cantrang sebagai alat tangkap ikan dilakukan untuk menjaga ketersediaan ikan di masa mendatang agar tak habis dijaring secara masif.
Bos maskapai Susi Air tersebut kembali memberi penegasan usai memberikan bantuan fasilitas perbankan dalam kegiatan penangkapan ikan. Dia menerangkan, kebijakan pemerintah dalam penggunaan cantrang diterapkan bukan untuk mematikan mata pencaharian para nelayan.

Kebijakan itu dilakukan agar nelayan bisa mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah tanpa penggunaan cantrang. “Jadi bukan untuk membatasi penangkapan atau rejeki, bukan. Justru untuk menambah dan memastikan itu ada terus menerus. Kalau ikan di jaga pasti akan lebih banyak,” ujarnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat (25/8).

Lebih lanjut dia menjelaskan, jika nelayan tetap memaksakan penggunaan cantrang, maka ikan yang mereka dapatkan tidak berukuran besar. Lain halnya jika nelayan mau mengganti cantrang mereka dengan alat tangkap yang lebih ramah lingkungan.

Selain ikan-ikan di lautan semakin banyak, ukurannya juga semakin besar. Harga yang dijual pastilah sangat menguntungkan bagi nelayan.

“Ikan kecil itu makanan ikan besar. dulu bawal putih di Pantura banyak, simping juga gede-gede, rajungan dulu besar-besar. Nah kalau ini sudah tidak ada jaring, atau cantrang yang pake gardan ini hilang pasti nanti dapat ikan gede. ikan besar juga harganya pasti lebih besar,” tutupnya.

(cr4/JPC)

banner 468x60)

Posting Terkait