“Swalayan Pembibitan” Inovasi Yang Menjadi Solusi Pencegahan Peningkatan Angka Stunting Di Kalumpang

4 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dalam kunjungannya saat pelaksanaan “Sahabat Rakyat” Bupati Mamuju Habsi Wahid resmikan gazebo Swalayan Pembibitan di Kecamatan Kalumpang.

Sudah menjadi Program rutin Pemerintah Kabupaten Mamuju, Safari Sehari Berbakti Untuk Rakyat (Sahabat Rakyat_red;) kembali dilaksanakan. Kali ini merupakan giliran dari Kecamatan Kalumpang. Pada Jumat-Sabtu, (27-28 / 9/ 2019).

Dalam Kesempatannya, Bupati Mamuju Habsi Wahid yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju. H. Suaib, menyempatkan diri untuk mengunjungi sekaligus   melaunching (Meresmikan_red;) Swalayan Pembibitan dan Bio Gas Kecamatan Kalumpang yang merupakan salah satu inovasi yang di lakukan oleh camat Kalumpang untuk lebih memberdayakan masyarakatbeserta seluruh sumber daya yang ada.

Abram, S.IP selaku camat Kalumpang mengatakan, Swalayan pembibitan melibatkan semua unsur masyarakat. Mulai dari warga, Sekolah dan unsur Tripika Kecamatan Kalumpang.

“Ini merupakan inovasi yang kami lakukan di Kecamatan dan merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kabupaten terkait dengan pengurangan angka stunting. Salah satu permasalahan yang mengakibatkan meningkatnya angka stunting karena sanitasi yang buruk,” Ujar Abram.

“Oleh karenanya, selama kurang lebih satu bulan, kami melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat di Kantor Kecamatan tentang pengelolaan sampah plastik yang dapat digunakan sebagai pengganti polibag dan juga penggunaan kotoran hewan yang dapat digunakan sebagai bio gas dan selebihnya dapat diproses menjadi pupuk untuk sayuran dan buah yang ditanam di halaman rumah masyarakat, ” ungkap camat Kalumpang dalam kesempatan wawancara dengan media Potretrakyat.com usai peresmian gazebo Swalayan Pembibitan oleh Bupati Mamuju.

“Ini juga merupakan salah satu solusi yang kami tawarkan kepada masyarakat untuk mengatasi permasalahan ternak yang tidak dikandangkan sehingga mencemaari lingkungan umum,” lanjut Abram, S.IP.

Sementara itu, Bupati Habsi Wahid dalam kesempatannya, menyatakan apresiasinya terakit  inovasi yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Kalumpang dalam hal ini oleh Camat Kalumpang. Ia mengaku kagum dan berharap kegiatan ini dapat terus di jalankan dan bahkan dapat lebih meluas hingga semua masayarakat di Kecamatan Kalumpang hingga ke Desa-desa dapat melakukan hal tersebut.

“Kami Apresiasi dengan inovasi yang dilakukan di Kecamatan Kalumpang ini, yang dilakukan pak Camatnya. Ini merupakan hal yang baru pertama kali saya temukan di Mamuju dan ini dapat menjadi contoh untuk daerah lain yang ada di Kabupaten Mamuju untuk melakukan hal yang sama”, kata Habsi.

Harapannya, semoga hal ini dapat terus dikembangkan hingga ke Desa-desa yang ada di Kecamatan Kalumpang dan bahkan di seluruh Kabupaten Mamuju, untuk memecahkan masalah angka Stunting yang cukup tinggi di Sulbar, utamanya di Kabupaten Mamuju ini serta beberapa masalah lingkungan lainnya.”, Tutup Bupati Habsi wahid.

Untuk diketahui, sebelum melaunching Swalayan Pembibitan, Bupati  beserta beberapa rombongan mengunjungi warga Desa Karataun Kecamatan Kalumpang, untuk juga meresmikan pabrik penglahan Bio gas. Yang cukup menarik perhatian dalam kunjungan tersebut adalah karena jalanan yang menuju ke Desa Limbong belum dapat dilalui oleh kendaraan roda Empat (Mobil_red;) maka Bupati mamuju dan seluruh rombongan tidak menggunakan Kendaraan Dinas tetapi menggunakan  Motor Trail dengan melibatkan Komunitas Mamuju Adventure Trail eXtreme (MATReX_red;) dan Sang Bupati mengendarai motor sendiri.// JUDISTRA.

Posting Terkait