Tahun 2019 Pertumbuhan Perekonomian Sulbar Lambat

37 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Perekonomian Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tahun 2019 tumbuh cukup lambat yakni 5,66 persen. Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 12,54 persen.

Sementara untuk sisi pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran Lembaga Non Profit yang melayani rumah Tangga, yakni sebesar 8,69 persen.

Ekonomi Provinsi Sulbar, pada triwulan ke IV Tahun 2019 bila dibandingkan triwulan IV- 2018 (y-on-y) tumbuh sebesar 6,37 persen. Sementara dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi sebesar 12,47 persen yang terjadi pada lapangan usaha Informasi dan Komunikasi.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen Ekspor dengan nilai sebesar 8,27 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, Ir. Win Rizal, pada acara siaran pers BPS Sulbar, mengatakan, “Kita tidak bicara rasional tidak rasional. Pemerintah daerah dan target itu ada sesuatu yang ingin dicapai”.

“Saya yakin pasang angka begitu, agar ukurannya lebih agaknya (greget). Supaya bisa berjalan dengan angka segitu umpannya harus laris,”kata Win Rizal, dalam pers rilis yang digelar di gedung BPS Sulbar, jl. martadinata, Mamuju. Rabu, (5/2/2020).

Untuk diketahui pertumbuhan ekonomi Sulbar terjadi pada seluruh lapangan usaha. Sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari lapangan usaha pertanian, kehutanan yang sebesar 1,80 persen, disusul Informasi dan Komunikasi sebesar 0,60 persen, Industri pengolahan sebesar 0,55 persen, serta lapangan usaha Kontruksi yang sebesar 0,53 persen.

Sementara untuk pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat pada lapangan usaha lainnya, BPS mencatat adanya peningkatan sebesar 2,18 persen. // Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait