Tak Hanya Somasi dan Langkah Hukum, SDK Juga Dilaporkan Ke Dewan Kehormatan DPR RI

5 views

Mamuju, Potretrakyat,com; -Selain melakukan somasi dan menyiapkan langkah hukum akibat perbuatan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh anggota DPR RI Suhardi Duka, terhadap kliennya Habsi Wahid sebagai calon bupati Mamuju dalam pilkada 2020, kuasa hukum Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati nomor urut Dua (2) Habsi-Irwan juga melaporkan kejadian tersebut kepad pihak Bawaslu dan Dewan Kehormatan DPR RI.

Dijelaskan oleh Akriadi, bahwa dalam kegiatan Reses yang digelar oleh Suhardi Duka (SDK) selaku anggota DPR RI di Desa Leling, kecamatan Tommo beberapa waktu lalu, SDK menyampaikan pencapaian-pencapaiannya pada saat menjadi bupati dan membandingkannya dengan pencapaian Habsi Wahid sebagai bupati.

“Kami anggap ini sangat merugikan untuk klien kami sebagai calon bupati Mamuju karena dalam orasinya saat reses, dia selalu menekankan kepada masyarakat untuk ‘ganti bupati’, Katanya kepada wartawan.

“Dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 pasal 71 ayat 1 dijelaskan bahwa pejabat Negara dalam hal ini anggota DPR RI dilarang melaksanakan sebuah kegiatan yang dapat menguntungkan dan atau merugikan salah satu pasangan calon,” Ungkap Akriadi.

Lebih lanjut ditambahkannya bahwa, selain melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Bawaslu dan telah mengirimkan somasi terbuka ke pihak Suhardi Duka,pihaknya juga akan melaporkan kejadian ini kepada Dewan Kehormatan DPR RI.

“Suhardi Duka sebagai seorang anggota DPR RI tidak semestinya mengeluarkan kata-kata seperti itu dihadapan masyarakat, ini tidak mendidik. Fungsi dari reses itu sendiri adalah menyerap dan menindak lanjuti aspirasi dari masyarakat, bukan untuk berkampanye atau menilai kinerja salah satu pasangan calon,” lanjut Pengacara muda itu.// Rls// **The_Man.

banner 468x60)

Posting Terkait