Terkait Opini WTP BPK, Eydu; “WTP Tidak Menjamin Tiada tindakan kecurangan”

5 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -“Pemahaman Tugas dan Fungsi BPK dan Hasil Pemeriksaan LKPD TA. 2018” menjadi Tema utama kegiatan workshop yang digelar BPK RI (Badan Pemeriksa Keuangan_red;) Perwakilan Sulbar. Jumat, (9/8/2019).

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan kegiatan Media Workshop dengan mengangkat tema “Pemahaman Tugas dan Fungsi BPK Dan Hasil Pemeriksaa. LKPD” di Ruang Auditorium Gedung BPK Perwakilan Provinsi Selawesi Barat.

Workshop tersebut menghadirkan pembicara yakni Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat Eydu Oktain Panjaitan, Kepala Subauditorat Ali Wardhana, Kepala Sekretariat Perwakilan Asih Waryanti, dan kepala subbagian Humas dan TU BPK Perwakilan Sulbar Fransiskus Felendity, serta dihadiri oleh perwakilan wartawan dan pimpinan redaksi dari media Cetak, Elektronik dan Online se-Sulawesi Barat di Mamuju.

Dalam paparannya, Eydu menyampaikan tugas dan kewenangan BPK tidak hanya terkait pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara/daerah, tetapi BPK juga memiliki kewenangan  lainnya, yaitu Pemberian pendapat kepada DPRD, Pemerintah Daerah dan BUMD karena sifat pekerjaannya, Pemberian keterangan ahli dalam proses peradilan, Penilaian dan/atau penetapan kerugian daerah Pemantauan penyelesaian kerugian daerah dan Pemantauan tindak lanjut hasil  pemeriksaan.

Dalam kesempatannya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat mengingatkan opini adalah pernyataan profesional pemeriksaan atas kewajaran penyajian laporannkeuangan tetap tidak menjamin tiadanya tindak kecurangan namun jika dalam Pemeriksaan ditemukan kecurangan, secara otomatis akan diungkap dalam laporan hasil pemeriksaan.

“Tapi, opini yang diberikan BPK tidak menjamin tidak adanya tindakan curang ya. Sebab tujuan pemeriksaan keuangan yang dilakukan hanyalah memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Jika pemeriksa menemukan adanya kecurangan, praktis hal ini harus tetap diungkap dalam Laporan Hasil Pemeriksaan”, ungkap Eydu.

Akhirnya, melalui penyelenggaraan media workshop ini, diharapkan akan terus dapat dilakukan untuk lebih mendorong kehadiran nyata BPK di Provinsi Sulawesi Barat.// **JM.

Posting Terkait