Tingkat Kesadaran Warga Kurang, Target Perekaman E-KTP Rendah

153 views

Mamuju, Potretrakyat.com;-Kurangnya Tingkat Kesadaran Warga Memicu rendahnya pencapaian target Perekaman KTP-EL oleh Disdukcapil Kabupaten Mamuju.

Jelang Pesta demokrasi Pilpres dan Pileg Tahun ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil_red;) Kabupaten Mamuju terus bergerak untuk menuntaskan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El_red;)kepada seluruh warganya.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Kabid. PPP_red;) Disdukcapil Mamuju Muhammad Ikhsan, Tercatat masih tersisa kurang lebih 64 Ribu Penduduk Mamuju yang belum melakukan perekaman KTP- EL. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dan kesadaran masyarakat dalam persoalan Administrasi Kependudukan yang menjadi salah satu kendalanya. Dan dari 64 Ribu warga tersebut, sebanyak 42 Ribu merupakan warga dari kecamatan Mamuju, Simboro, Kalukku dan Tapalang sebagai penyumbang jumlah terbanyak yang belum melakukan perekaman KTP dan sisanya terbagi di kecamatan-kecamatan lainya se- kabupaten Mamuju.

“Perhatian dan Kesadaran Masyarakat yang kurang menjadi kendala kami dalam menjalankan menyelesaikan Perekaman KTP”, Katanya kepada Potretrakyat.com saat bertandang keruang kerjanya.

Namun begitu, menurut Iksan Pihaknya tetap berusaha maksimal untuk menyelesaikan target 100% perekaman KTP ini sebelum Pemilu dengan cara turun langsung “Jemput Bola” ke masyarakat Untuk melakukan perekaman seperti yang telah dilakukan tahun 2018 lalu. Disamping itu Pihak Disdukcapil juga telah menyurati para Kepala- Kepala Desa dan Camat di Kabupaten Mamuju untuk lebih pro aktif dalam melakukan pendataan kepada warganya yang belum melakukan Perekaman.

“Kami akan terus melanjutkan program-program jemput bola seperti tahun sebelumnya, selain itu sudah kami surati para Camat dan Kepala Desa agar supaya lebih pro aktif dalam melakukan pendataan kepada warganya yang belum melakukan Perekaman”, Ungkap Iksan.

(Dilansir dari Media Wacana.Info dalam artikel beritanya; Presentase E-KTP Sulbar Masih Rendah, Selevel Dengan Maluku, Maluku Utara. Dan dikutip dari ; Kompas.com)

Menurut data Kementerian dalam Negeri yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian dalm negeri (Sekjen. Kemendagri_red;) yang menyebutkan Presentase Perekaman KTP di Sulawesi Barat masuk dalam kategori 5 Besar Provinsi dengan Pencapaian Terendah Perekaman KTP-EL yakni 77,8%. Angka ini menempatkan Sulbar sejajar dengan Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.dalam target Perekaman KTP-El Terendah.// *JM.

Posting Terkait