Trik Sukses Deputi Kemenparekraf Untuk Pengembangan Pariwisata Sulbar

4 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Jelang akhir tahun Sulawesi barat kembali mendapat kehormatan dengan adanya kunjungan tim Deputi Bidang Pengembangan destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selasa, (22/12/2020).

Saat malam ramah tamah di rumah jabatan sekprov Sulbar, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Hari Santosa Sungkari mengatakan, di dalam pariwisata yang dijual adalah pengalaman, tetapi pengalaman itu disusun sehingga wisatawan nyaman melakukan itu.

“Tempat-tempat destinasi setelah kita mengenali kekuatannya, dibuatkan story telling atau cerita baik berbentuk sains atau hikayat, tapi harus diceritakan dengan konsisten agar menarik. Jadi tolong kepala-kepala dinas dibuatkan seperti itu, kalau bisa nanti kita bantu membuat story telling,”ucap Hari Santoso.

Mengenai budaya, Hari Santosa menekankan,  hal itu harus dibungkus ulang karena budaya pada awalnya untuk upacara adat, dan untuk wisatawan juga dibungkus ulang karena wisatawan tidak mendalami adat tetapi bagi mereka adalah suatu hiburan.

“Tetapi jangan melupakan kearifan lokal, seperti pakaiannya, lagunya tentunya bisa dibantu dengan teknologi, animasi atau lighting yang bagus,”katanya.

Namun yang paling penting, kata Hari Santosa, adalah pemberdayaan masyarakat baik sebagai pelaku dan penerima manfaat ekonomi.

“Undang-undang pariwisata bermanfaat memberikan kesejahteraan bagi daerah. Kewajiban pemerintah pusat dan daerah yaitu meningkatkan skill kemampuan dari masyarakat setempat dan kita butuh banyak pemandu wisata,“ucapnya.

Agar pariwisata di Sulbar bisa menjadi sumber PAD, Hari Santosa mengingatkan untuk dapat menggunakan apa yang pemerintah pusat bisa bantu dan untuk memulainya modal awalnya adalah dari sini.

“Pariwisata di Sulbar bisa menjadi sumber pendapatan untuk PAD berikutnya, setelah kelapa sawit dan ini tidak menghabiskan Sumber Daya Alam (SDA). Saya juga tekankan bahwa pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat-sangat penting,”tambahnya.// **Judistira.

banner 468x60) banner 468x60) banner 468x60)

Posting Terkait