Truk Semen Terbalik Di Jalur Ekstrim Dusun Toppo

16 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Alami rem blong, truk gandeng pengangkut semen terbalik di Dusun Toppo, Desa Belang-belang, Kecamatan Kalukku.

 

Karena rem blong, truk pengangkut 27 ton semen milik PT. Tonasa, mengalami kecelakaan di ruas Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Dusun Toppo, Desa Belang-belang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Menurut keterangan petugas SPKT Polsek kalukku, Aiptu. I Gusti Ketut Karmadi,  Truk yang mengangkut semen bergerak dari arah selatan yakni dari gudang Tonasa yang ada di desa Bakengkeng, menuju Toli-toli. Saat memasuki penurunan tajam berkelok di Dusun Toppo, tiba-tiba rem blong dan sehingga sang sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Ketika memasuki tikungan tajam, truk terbalik dan menumpahkan seluruh muatan semen. Bersama dengan itu, dari arah berlawanan melintas truk lainnya yang kemudian ikut terbalik karena menghindari truk muatan semen tersebut.

“Itu kan memang tikungannya tajam, jadi waktu remnya blong si sopir tidak bisa kendalikan kendaraannya sehingga ia memilih untuk banting setir dan akhirnya mobil tergelincir yang kemudian terbalik,” ungkap I Gusti.

Karena badan truk yang cukup lebar menutupi badan jalan, jalur trans Sulawesi sempat mengalami kemacetan yang cukup parah, sekitar satu kilometer dari kedua arah. Beruntung pihak kepolisian dari sektor Kalukku yang berada di TKP (Tempat Kejadian Perkara_red;), langsung melakukan pengamanan jalur dan meminta bantuan alat berat dari PLTU Belang-belang untuk membantu proses evakuasi truk yang terbalik tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sopir dan kernet sempat mengalami shok akibat kejadian tersebut. Sedangkan kerugian yang dialami akibat kejadian ini diperkirakan belasan hingga puluhan juta rupiah.// **JUDISTIRA.

Posting Terkait