Tugas Tanggung Jawab Tim gugus Covid-19 Kecamatan Dan Relawan Desa Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

15 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Sejak wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menyerang Indonesia, pemeritah mulai membentuk Tim Gugus Tugas yang bertugas melakukan pencegahan dan penangan penyebaran Covid-19 secara berjenjang dari tingkat pusat hingga ke tingkat desa yang dinamakan Tim relawan Covid-19 Desa. Tak banyak yang mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dijalankan oleh tim Gugus Kecamatan dan Relawan Desa.

Baru-baru ini, salah satu desa di Kabupaten Mamuju, tepatnya Desa Kalumpang, Kecamatan Kalumpang sempat diisukan terjadi pandemi (penyebaran virus secara missal dan cepat) Covid-19 hingga menjangkiti banyak warganya, meskipun pada akhirnya isu tersebut dibantah oleh pihak Kepolisian resor kota (Polresta) dan Camat Kecamatan kalumpang dan ikut terbantahkan dengan berbagai bukti yang menyatakan hal tersebut tidak pernah terjadi seperti apa yang beredar ditengah masyarakat.

Camat Kalumpang Abram, S.IP., saat ditemui dikediamannya mengatakan, pada saat mendapatkan informasi ada yang dinyatakan Positif Covid-19, pada saat itulah kekuatan data yang ada di setiap posko di daerahnya diuji. Dimana pada saat itu data yang dibuat oleh Tim Gugus Kecamatan dan Tim relawan Desa di posko- posko yang ada di Kecamatan dan Desa akan digunakan.

“Oleh karenanya, diperluakan ketelitian dan komitmen dalam melakukan tugas sebagai tim gugus ataupun relawan desa,” katanya.

Lebih lanjut, Abram pun menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang dipikul oleh Tim gugus dan relawan Desa.

Abram mengatakan, ada dua tugas utama Tim gugus kecamatan dan Tim relawan Desa yaitu, melakukan pencegahan dan membantu penanganan.

Melakukan pencegahan maksudnya, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker, rajin cuci tangan setelah beraktifitas diluar rumah serta menghimbau kepada masyarakat untuk membatasi aktifitas diluar rumah, juga menerapkan system physical/social distancing, penyemprotan desinfektan kerumah-rumah masyarakat, serta membagikan masker. Selain itu, melalui posko-posko yang telah tersebar di kecamatan dan Desa, tim gugus dan Relawan desa melakukan pencatatan mobilisasi dan aktifitas masyarakat di kecamatan dan Desa.

Membantu penanganan yang dimaksudkan adalah, Tim gugus kecamatan dan relawan desa juga bertugas untuk membantu tim gugus provinsi ataupun kabupaten untuk dalam proses penanganan pasien terkonfirmasi beserta orang-orang yang teridentifikasi melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, melalui pemetaan mobilisasi penduduk yang dilakukan berdasarkan pendataan yang dilakukan di posko-posko yang ada di kecamatan dan desa.

Data aktifitas warga ataupun pendatang di setiap posko inilah yang akan dijadikan sebagai dasar pemetaan (mapping) mobilisasi penduduk di dalam kecamatan ataupun desa, sehingga memudahkan tim gugus dalam mengidentifikasi orang-orang yang terindikasi melakukan kontak erat dengan pasien covid-19”, ungkapnya.

Selain itu, koordinasi yang jelas dan cepat dengan pihak-pihak terkait harus terus dilakukan tanpa putus juga sangat dibutuhkan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Hal ini tidak akan susah dalam melakukan tindakan pencegahan dan penanganan, jika pendataan yang dilakuakan di posko dilakukan dengan baik dan benar. Dan inilah yang kami lakukan selama ini, sehingga covid-19 ini tidak sampai mewabah didaerah kami,  ” tutup Abram.// *Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait