Waduh !!Pilkades Di Desa Pammulukang Sarat Kecurangan.

1321 views

MAMUJU,POTRETRAKYAT.COM-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diikuti 41 desa dari 11 kecamatan yang digelar secara serentak pada hari Senin,18/12/2017 diduga sarat pelanggaran.

Seperti halnya yang terjadi di desa Pammulukang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten mamuju, Sulawesi barat (sulbar). Desa yang mempunyai 8 dusun ini terjadi lonjakan DPT secara mendadak.

Salah satu calon kepala desa yang ikut bertarung saat ditemui di mamuju mengatakan, pihaknya merasa kecewa dan sangat dirugikan dengan lonjakan DPT yang secara mendadak.

“Saya merasa dirugikan serta kecewa dengan panitia penyelenggara dimana terjadi lonjakan DPT yang amat luar biasa,” ucap Abd.Fattah, Rabu(20/12/2017)

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, selain lonjakan DPT, didapati pula beberapa NIK ganda dengan pemilih yang berbeda.

“Selain DPT melonjak, terdapat NIK ganda dengan pemilih yang berbeda, bahkan ada pula beberapa warga Kabupaten Mamasa yang tidak terdaftar di DPT dan bukan warga desa pammulukang yang melakukan pencoblosan. Seperti halnya mantan calon kades Kabupaten Mamasa ikut pula memilih,”urainya.

Abd.Fattah juga menjelaskan,bahwa bukti-bukti itu dapat ia pertanggung jawabkan. Dan ada Empat dusun yang ada di Pammulukang dengan jumlah DPT yakni, Dusun Pammulukang Timur dan Barat DPT 458 (TPS 1). Dusun Betteng Batu DPT 106 (TPS 1) terjadi pemilih ganda menjadi 458 + 107 = 626. Dusun Tatora dan Rombia Apo’ DPT 227 (TPS 2) dan Dusun Batu Pute Saludango DPT 64 (TPS 2).

“Lebih anehnya lagi karena seharusnya semua calon Kades dibagikan DPT namun hingga pemilihan selesai para calon tidak diberikan DPT oleh panitia penyelenggara,” terangnya.

Ia pun berharap agar pemerintah Kabupaten Mamuju melakukan pemilihan ulang di TPS 2, apabila hal ini tidak diperhatikan maka tidak menutup kemungkinan saya akan melakukan tindakan hukum sesuai aturan yang ada.

Atas perihal tersebut, pihak Abd.Fatta melaporkan hal ini ini dengan bersurat ke Bupati Mamuju.

Untuk diketahui, pilkades yang ada di Desa Pammulukang diikuti Tiga Kandidat, masing-masing Nomor urut 1.Abd.Fattah. Nomor urut 2 Sang petahana, Armin. Dan Nomor urut 3, Jasmin. Untuk sementara Pilkades Pammulukang dimenangkan oleh Jasmin.(Sir)

Publis:Sudir

banner 468x60)

Posting Terkait