Ziarah Tahunan Umat Katolik Ke Bukit Doa, Pena

52 views

Mamasa, Potretrakyat.com; -Jalankan agenda tahunan, umat Katolik se Keuskupan Agung Makassar kembali adakan kegiatan ziarah dan doa bersama ke bukit doa “Maria Bunda Segala Bangsa” di desa Pena, Kecamatan balla, Kabupaten Mamasa. Minggu, (20/10/2019).

Sudah menjadi tradisi umat Katolik dimana pada bulan Mei dan Oktober setiap tahunnya melakukan ziarah dan doa bersama Kepada Bunda Maria. Dalam kepercayaan agama Katolik lebih dikenal dengan istilah Devosi, seperti yang dilakukan oleh umat Katolik Keuskupan Agung Makassar, dengan melakukan ziarah dan doa bersama di bukit doa “Bunda Segala Bangsa”.

Diketahui bahwa bukit ini juga merupakan salah satu objek wisata religi umat Nasrani yang terletak di desa Pena, Kecamatan Bala, Kabupaten Mamasa.

RD. Oktovianus Tandilolo selaku Pastor Paroki Santo Petrus Mamasa mengatakan, “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh umat Katolik Keuskupan Agung Makassar,” ucap Pastor.

Ia juga berharap dengan adanya tempat ziarah ini dapat membawa semangat baru dan juga lebih mendekatkan umat dengan yang Ilahi.

“Harapan kami segenap umat gereja katolik, dengan adanya tempat ziarah bukit doa Pena ini, dapat membawa semangat baru dan juga lebih mendekatkan umat dan masyarakat Mamasa dengan yang Ilahi”, lanjutnya.

Sementara itu wakil bupati Mamasa, Marthinus Tiranda yang menyempatkan diri hadir dalam kegiatan tersebut pada malam harinya menyatakan kekaguman, serta apresiasinya setelah melihat master plant pengembangan Bukit Doa Maria Bunda Sgala Bangsa, Pena yang dipaparkan oleh panitia.

Menurutnya rencana pembangunan ini merupakan suatu loncatan besar yang dibuat oleh Gereja Katolik, jauh sebelum dipikirkan oleh pemerintah Kabupaten Mamasa dalam usaha pengembangan potensi wisata yang ada.

“Ini merupakan loncatan besar, sudah sepuluh kali lipat, dimana Pemkab Mamasa belum memikirkannya tapi gereja katolik sudah merencanakannya,” ungkap Marthinus.

Wakil bupati juga menyampaikan pihak Pemkab. Mamasa akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Gereja Katolik untuk mempercepat pembangunan Bukit doa tersebut.

“Kami siap mendukung penuh pembangunan bukit doa ini agar cepat selesai”, tutup wakil bupati Mamasa.

kegiatan ziarah yang dijadwalkan selama 2 hari ini dimulai dengan prosesi perarakan patung Bunda Maria dari gereja Paroki Santo Petrus Mamasa, menuju Bukit doaMaria Bunda Segala Bangsa”Pena yang dilanjutkan dengan doa rosario dan pawai lilin serta pemaparan master plant pengembangan Bukit doa Pena. Keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan Jalan Salib dan Misa bersama sebagai penutup dari rangkaian kegiatan yang dilakukan.// JUDISTIRA.

Posting Terkait